Butuh Tambahan 5 Ribu Personil

Butuh Tambahan 5 Ribu Personil

\"Coki\" BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Meskipun setiap tahunnya selalu ada penerimaan anggota Polri khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu, tetapi hingga saat ini personil kepolisian yang ada di Polda Bengkulu beserta jajaran lainnya masih dibawah kata cukup. Hal ini diungkapkan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (6/8).

\"Kita masih sangat kekurangan personil dan jumlah personil yang ada saat ini jauh dibawah kata cukup, sehingga penambahan perlu dilakukan terus,\" ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah personil kepolisian yang bertugas di jajaran Polda Bengkulu baru sekitar 5 ribu orang, baik dari pangkat Perwira Menengah (Pamen) hingga ke pangkat yang paling rendah atau sekitar 50 persen dari total efektifnya yaitu 11 ribu personil kepolisian per Poldanya. \"Ini belum dikurangi yang pensiun atau yang diberhentikan karena membuat kesalahan, jadi untuk saat ini kita masih kekurangan setidaknya 5 sampai 6 ribu anggota lagi,\" ucapnya.

Oleh sebab itulah, ditambahkannya, pihaknya akan melakukan penambahan kuota penerimaan anggota Polri yang mana penambahan tersebut sudah diajukan atau dikirimkan ke Mabes Polri untuk segera dapat disetujui dan dikabulkan nantinya. \"Untuk mengamankan satu wilayah memang memerlukan banyak personil, meskipun wilayah Bengkulu kecil tetapi keamanan dan kenyamanan warganya menjadi prioritas baik dari anggota Polri maupun TNI sehingga ketersediaan SDMnya pun harus diperhitungkan atau ditambah,\" tuturnya.

Dikatakannya, memang saat ini dengan jumlah anggota yang mencapai 5 ribu personil tersebut masih bisa mengamankan wilayah Bengkulu dari setiap ancaman, apalagi melihat Provinsi Bengkulu yang masih kondusif hingga saat ini. \"Memang tidak ada masalah dengan jumlah yang saat ini dengan melihat kondisi Bengkulu yang masih aman, tetapi kewaspadaan dan persiapan perlu dilakukan yang mana salah satunya penambahan jumlah personil kepolisian nya,\" ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, kepada pemuda-pemudi yang umurnya masih muda untuk ikut berpartisipasi dalam penerimaan anggota Polri tahun depan yaitu 2018 karena kalau bukan masyarakatnya sendiri yang bisa mengamankan provinsinya, siapa lagi yang bisa, oleh karena itu berlomba-lombalah mengabdi dan menjadi anggota Polri untuk mengamankan wilayah NKRI terutama Provinsi Bengkulu dahulu. \"Yang jelas saat ini Polda Bengkulu dan jajaran masih membutuhkan tambahan personil kepolisian yang mana jumlahnya bisa mencapai 5 sampai 6 ribu personil lagi baik dari tingkat paling tinggi hingga yang rendah,\" tutupnya. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: